Rabu, 09 September 2009

cara memilih mothrboard yg baik

1. Budget . Ini penting, dengan rentang harga yang sesuai kamu bisa menentukan level motherboard yang nantinya akan kamu beli. Apakah High-end. Mainstream atau Low-end.

2. Orientasi Penggunaan.
Setelah budget dan level motherboard sudah ditentukan, tinggal cari spec yang sesuai dengan orientasi penggunaan. Jika kamu berniat merakit PC Multimedia atau game. Lebih baik cari sesuai aspek berikut :
>> Socket > 775 > Yang mendukung Hingga Versi Intel Core2 Extreme dengan FSB maksimal 1600 MHz
>> Chipset > Chipset akan > menyesuaikan dengan level motherboard yang kamu pakai, semakin tinggi levelnya chipset yang digunakan semakain tinggi.
>> Ekspansion Slot >> Lebih baik pilih moherboard dengan dukungan slot PCI-E 16X 2.0 sekedar jaga-jaga jika suatu saat ingin mencoba VGA High-end (Nvidia GTX 200 / ATI Radeon HD 4XXXX) dan tentunya demi game-game versi mendatang yang sudah mendukung interface PCI-E 16X 2.0. > tidak lupa pula port e-Sata (eksternal SATA), dan kalau ada kamu bisa mencari motherboard dengan integrated firewire didalamya (alternatif USB) (maksudnya slot usb atau apa?)
>> Dual channel support, Sepertinya sudah hampir tiap motherboard versi terbaru tertanam fitur ini.
>> Audio >> minimal cari soundcard integrated dengan 8 channel high audio definition codec. Tapi jika performa soundcard onboard kurang meyakinkan, suatu saat kamu bisa menambahkan soundcard dedicated.
>> Slot RAM >> apakah menggunakan interface DDR2/DDR3 dengan jumlah slot 4 buah.
>> Efek opsional termasuk teknologi dan penambahan fitur yang tertanam didalamnya tergantung dari vendor masing-masing motherboard.

3. Merek.
Hmm.. kalau berbicara merek sepertinya tidak ada habisnya, Tapi rekomendasi saya adalah dari vendor GIGABYTE silahkan cari referensinya sasuai budget dan orientasi penggunaan PC kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar